Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola

Tentang sejarah sepak bola dunia ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui, bahkan yang mengaku penggila bola sekalipun. Tak syak lagi, sepak bola menjadi olah raga paling popular sejagat. Harmonisasi permainan di lapangan hijau, adu strategi yang demikian dramatis, sampai gol-gol terbaik yang kerap membuat mata terpana merupakan beberapa cuplik saja sihir sepak bola yang dahsyat.

Ibarat manusia yang dimulai dengan fase dilahirkan, begitu juga dengan sejarah sepak bola dunia. Ada asal-usulnya. Ada permulaan sehingga sepak bola bisa berkembang seperti sekarang ini. Tak ada yang menyangka bahwa sepak bola, dalam historisnya, ternyata merupakan olah raga yang seringkali dilarang karena dianggap banyak menimbulkan mudharat dan membahayakan.

Sejarah Kelahiran

Apakah Anda termasuk orang yang mengira bahwa sepak bola berasal dari inggris sebagaimana klaim negara Ratu Elizabeth itu? Mungkin yang Anda maksud itu sepak bola dalam bentuk modern, bukan awal mula sepak bola itu dilahirkan. Perlu Anda ketahui, ternyata sudah sejak 3000 tahun lalu sepak bola dalam berbagai stereotipnya dilakukan oleh berbagai negara di dunia.

Sekitar abad ke 2-3, pada masa pemerintahan Dinasti Han, telah ditemukan bukti bahwa sepak bola pernah dimainkan oleh para prajurit China. Beberapa waktu lalu juga ditemukan bukti kuat permainan sepak bola pernah dimainkan di Kyoto, jepang.

Sedangkan, sejarah sepak bola di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh Belanda pada waktu negara Arjen Robben tersebut menjajah negeri ini 3,5 abad lamanya. Dan ketika itu, sepak bola menjadi sebuah kelompok bergengsi yang tidak begitu saja dimainkan oleh sembarang orang.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sepak bola modern memang dilahirkan di Inggris (meski sempat Prancis juga mengklaim diri sebagai negara tempat dilahirkannya sepak bola modern). Keberadaan olah raga sepak bola ketika itu digunakan sebagai olah raga perang. Ketika itu, bisa dikatakan ada semacam perang kepentingan antara Inggris dan Skontlandia. Jangan bayangkan permainan sepak bola ketika itu seindah dan semenarik kini. Tak ada fair play, malah cenderung brutal dan anarki.

Terlebih bola yang digunakannya, konon, merupakan kepala prajurit perang musuh. Makanya, tak heran sepak bola ketika itu kemudian dilarang oleh pemerintah Inggris. Tercatat pada tahun 1331 Raja Edward III mengeluarkan peraturan resmi tentang pelarangan sepak bola sebagai olah raga yang sering dimainkan oleh para prajuritnya. Begitu juga dengan Skotlandia, Raja James I pada 1424 melarang semua pria di negara tersebut untuk tidak memainkan olah raga sepak bola.

Namun demikian, sepak bola sudah digandrungi banyak kalangan dan meluas sehingga larangan yang ada hanya tinggal peraturan formal yang beku saja. Semua masyarakat, khususnya di Inggris menyukai permainan ini. Sehingga pada tahun 1815, Eton College, sebuah kampus masyhur di negeri tersebut mencoba menyusun aturan permainan sepak bola. Aturan tersebut berkembang dan semakin banyak perguruan tinggi yang menerapkannya, hingga tahun 1848 aturan tersebut semakin dimodifikasi dan dikenal dengan nama Cambridge Rules.

Kick-off pertama kali English Footbal League terjadi pada tanggal 8 September 1888 dan menjadi penanda bergulirnya kompetisi pertama sepak bola modern di dunia. Sejak saat itu, istilah “Football” merupakan sebutan resmi sepak bola, sedangkan “Soccer” hanya merupakan sebutan atau istilah informal saja. Begitulah sejarahnya sepak bola dunia sehingga sampai pada masa kini, dimana sepak bola bukan semata olahraga melainkan sudah menjadi industri yang bergelimang kemewahan.

sumber Sejarah Sepak Bola:  http://akimlinovsisa.wordpress.com/2011/03/21/sejarah-sepak-bola/

0 komentar:

Post a Comment